BPBD Tasikmalaya Siagakan 1000 Relawan

oleh
BPBD Tasikmalaya Siagakan 1000 Relawan

Kata dia, Kader Destana telah mengikuti pelatihan kebencanaan. Mereka juga mempunyai sertifikat dari BPBD. “Target kita di seluruh desa di Kabupaten Tasikmalaya adanya Destana. diakrenakan adanya keterbatasan anggaran jadi belum dibentukcsecara menyeluruh” kata Ria.

Para partisipan Desatana ini, saat menjalankan tugasnya di lokasi bencana mereka difasilitasi dengan tenda, genset, lampu sorot serta radio telekomunikasi ”Di samping BPBD membentuk Destana, kita juga membentuk forum bencana yang anggotanya mulai dari RT, RW serta kepala dusunnya,” Ujar Ria

Kepala BPBD Kabupaten Tasikmalaya Drs H Abdul Kodir MPd mengimbau serta mengintruksikan kepada semua camat, kepala desa agar betul-betul mengawasi daerahnya masing-masing dari bencana alam.

“Barangkali adanya hujan yang terus menerus. Mengingatkan kepada masyarakat terutama yang rumahnya berada di wilayah rawan longsor. Jadi kalau adanya hujan yang berlangsung selama empat sampai lima jam terus menerus camat serta kepala desa sesegera mungkin turun,” imbaunya.

Kemudian masyarakat juga sesegera mungkin memperhatikan keselamatan pribadinya masing-masing. Penduduk sesegera mungkin dapat mengidentifikasi apa rumahnya itu Berposisi di wilayah rawan longsor atau tidak. ”Supaya terhindari dari musibah yang tak diharapkan,” kata dia.