Masyarakat Tasikmalaya Diminta Bantu Menanggulangi Bencana

oleh
Masyarakat Tasikmalaya Diminta Bantu Menanggulangi Bencana
Ilustrasi | Risma D.

tasikonlinecom | Bupati Tasikmalaya, Uu Ruzhanul Ulum, meminta kepada masyarakat, khususnya para pemuda, buat menolong pemerintah dalam menanggulangi bencana, karena akhir-akhir ini banyak musibah yang terjadi di Kabupaten Tasikmalaya ini.

“Harapan kami organisasi masyarakat serta kepemudaan bisa dengan sukarela menolong kami dalam penanganan bencana, karena relawan kami di BPBD jumlahnya sangat terbatas,” ujar Uu usai rapat koordinasi penanggulan bencana, di kantor Setda Kabupaten Tasikmalaya, Senin, 9 Oktober 2017.

Ia mengaku, pemerintah tak dapat bekerja sendirian dalam menyelesaikan bencana yang akhir-akhir ini kerap berlangsung di wilayahnya. Belum beres bencana yang satu, datang lagi yang lain. sedangkan dana serta energi pemerintah minim dan terbatas.

“Kita telah mengajukan bantuan ke provinsi, dikarenakan sudah banyak rumah yang terserang longsor. Jelas saja itu harus sesegera mungkin dievakuasi serta dibuatkan rumah baru buat korban yang jelas membutuhkan anggaran besar,” tuturnya.

Terkait rapat koordinasi, Uu menjelaskan, pihaknya berembug dengan seluruh dinas terkait, salah satunya membahas butuh tidaknya Kabupaten Tasikmalaya ditetapkan siaga bencana atau darurat bencana.

“Kalau ditetapkan siaga bencana atau darurat bencana, tanggung jawab penanggulangannya bukan lagi BPBD, tetapi adanya serupa dengan kelembagaan. tetapi tingkat itu belum dapat disimpulkan hari ini, diakrenakan adanya faktor lain yang butuh dipertimbangkan. walaupun begitu, kami tak berhenti menanggulangi setiap bencana,” tuturnya. [Jay]